pengertian kimcil versi daerah lain http://adf.ly/OJOWo
Belakangan ini di Jogja makin banyak terdengar istilah kimcil. Secara etimologis kimcil merupakan singkatan dari “kimpet cilik” atau bisa juga “kimpol cilik” (bahkan ada juga yang mengartikan sebagai kimplikan cilik). Secara terminologis kimcil diartikan sebagai cewek-cewek ABG, lebih khususnya cewek-cewek ABG yang kemayu, centil, sok imut. Biasanya kimcil-kimcil ini haus akan pengakuan dan eksistensi, bahkan dalam lingkungan anak band (khususnya band “indie/underground”) terkadang kimcil sering dikaitkan dengan groupies.
pengertian kimcil versi daerah lain http://adf.ly/OJOWo
KIMCIL bisa diartikan KIMPET CILIK</em> apa itu kimpet ?? dibaca aja terbalik. jadinya kimpettempik. #upss :P hahahaha
atau kata lain ada juga yg mengartikan.
KI: Kecil Imut
M: Manja
C: Cerewet
I: Imut
L: Lebay
pengertian kimcil versi daerah lain http://adf.ly/OJOWo
“istilah ini pertama kali muncul dari mulut Dolly dan mulai menjadi kosakata umum di lingkungan MES 56. istilah ini mulai merebak tatkala Hahan dan Hengky Strawberry nya acap kali meneriakkannya diatas panggung kala mereka main di seantero jogja. kimcil merupakan kependekan dari kimpet cilik (tempik cilik, vagina kecil) yang diucapkan untuk menyebut gadis2 muda. itu saja, tidak lebih tidak kurang!”

Range umur mereka antara 15 – 18 tahun, tampil modis dengan baju-baju distro, berlagak sok aneh/freak, suka cari perhatian dengan cara bertingkah sok nakal demi pengakuan (termasuk di dalamnya : merokok, minum-minuman keras, bertingkah sok bitchy), terkadang over kemayu dan sok manja demi mencari perhatian.

Belakangan ini, di lingkungan musik cutting edge Yogyakarta, fenomena kimcil sedang mengalami euforia. Jika pada beberapa tahun ke belakang acara musik cutting edge hanya melulu didominasi kaum adam nan sangar, sekarang kita dapat dengan mudah menemukan gadis-gadis remaja nan wangi dalam berbagai acara musik cutting edge.

Sebuah fenomena yang wajar sebenarnya, meningat perkembangan lalu lintas komunikasi dan informasi yang sedemikan dahsyatnya. Sekarang ini informasi tentang hal-hal yang berada di luar mainstream semakin mudah di dapat. Subkultur dan musik cutting edge seperti HC/punk, emo, indie-pop, shoegaze, dan lain sebagainya yang dulu dianggap aneh sekarang dianggap keren. Sekarang ini bagi sebagian remaja, semakin kita berusaha terlihat aneh maka kita akan dianggap semakin keren. Justru mereka yang terlalu mengikuti tren mainstream justru akan di cap sebagai alay and that’s so uncool.
pengertian kimcil versi daerah lain http://adf.ly/OJOWo

Hal seperti tersebut di ataslah yang memotivasi banyaknya remaja-remaja untuk ingin terlihat cool dengan cara mengikuti subkultur cutting edge, pencarian akan pengakuan ini mengirim mereka ke sebuah dunia baru, sebuah neverland bagi jiwa-jiwa tersesat yang melarikan diri dari tekanan dunia orang dewasa. Tekanan yang telah merenggut hak-hak bermain dan berekspresi mereka. Lihatlah bagaimana remaja sekarang ini sedari kecil sudah didesak oleh segala kewajiban akademis mereka, kebebasan bermain dan berekspresi mereka pun tergerus oleh laju pembangunan yang semakin berorientasi profit tanpa mengindahkan berapa banyak jiwa yang rusak.

Tapi sayangnya lagi, kehadiran mereka di “neverland” baru ini ternyata juga masih tak lepas dari eksploitasi orang yang lebih tua. Beberapa orang dewasa dalam neverland ini hanya memandang gadis-gadis remaja itu hanya sebagai obyek semata, kehadiran mereka hanya dianggap sebagai bunga yang menyediakan madunya untuk dihisap ramai-ramai dan akhirnya gadis-gadis remaja itu akan layu sebelum berkembang.
pengertian kimcil versi daerah lain http://adf.ly/OJOWo
Kehadiran gadis-gadis remaja tersebut bukanlah hal yang salah, tingkah mereka yang terkesan ingin mencari eksistensi karena memang mereka sudah kehilangan eksistensi jiwa mereka sedari kecil, tingkah mereka yang terkesan mencari perhatian karena mereka memang jiwa mereka butuh perhatian -dan bukan payudara, pantat, atau vagina mereka. Maka dari itu menurut saya ngga usah deh terlalu lebay menanggapi kehadiran gadis-gadis remaja tersebut, toh mereka bisa aja kita anggap sebagai adik-adik atau teman-teman kecil kita. biasa wae.

Dalam beberapa kesempatan beberapa teman menilai saya begitu sinis terhadap kimcil, bahkan terkesan pembenci kimcil…ageist dan sexist. Saya tak pernah menjadi pembenci kimcil, saya hanya agak jengah melihat fenomena kimcil yang terlalu overrated ini.
pengertian kimcil versi daerah lain http://adf.ly/OJOWo
Kadang memang jari ini terasa lebih jujur daripada mulut, dan inilah curahan hati pribadi saya yang terdalam tentang kimcil -tanpa ada maksud menjadi “si bener” alias P.C.

CMIIW :D

About these ads

8 responses »

  1. kanghud4 mengatakan:

    saya setuju banget dengan mas Iron..
    fakta dilapangan (dari candaan temen2 kost) dapat disimpulkan bahwa tidak lebih para kimcil bukannya dapat perhatian atau cap eksis melainkan hanya akan jadi objek exploitasi sexs.

    kasian para kimcil itu…. (atau memang pengen mereka begitu…?) hadew….

  2. Kaizen Assassin mengatakan:

    Oalach,
    Gituw ta..
    Hm, pantas saja kekasihku marah saat aku tanya tentang maksud dari “kiem chiil”..
    Hehe, seperti bahasa Korea ya..
    Hahaha,

  3. black113 mengatakan:

    pengertian kimcil versi daerah lain http://adf.ly/OJOWo

  4. ali mustofa mengatakan:

    sangar gan blog mu…. kunjungan balik ya.

  5. dhea nuramadhani mengatakan:

    kimcil itu adalah pelacur muda…….

  6. Novita_sari mengatakan:

    Saya stuju kalo cwx,,pda lonte

  7. kodriya mengatakan:

    owalah,,, prti itu rupanya definisi kimcil,,,, makasih atas penjelasannya aq jd paham skrg

  8. cindy mengatakan:

    kimcil itu gadis kecil sing pengin terkenal tpi dngan cara yng gk bagus

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s