Korek harian part2 http://adf.ly/OJRDS

Motor Honda jenis C-Series yang memiliki mesin 100cc seperti Astrea Grand, Legenda, Supra, SupraX, Supra Fit, sampai saat ini keluaran terbarunya Revo, FitS dan FitX. Mesin-mesin motor tersebut pada dasarnya sama, namun pada mesin Astrea Grand, Supra, serta SupraX memiliki panjang stang seher yang lebih pendek, rantai sentrik yang lebih pendek dibandingkan motor C-Series yang lain.
Sistem pengapian sudah memakai CDI AC, pada motor C-Series sistem pengapiannya bersifat bolak-balik atau AC. Sumber panghasil api pada motor ini adalah lilitan sepul dan magnet.
Pada motor C-Series kopling masih menganut kopling otomatis tekecuali pada motor SupraXX dan SupraV. Sistem pengereman bagian depan pada motor ini ada yang menggunakan sistem tromol dan ada yang memakai sistem cakram, pada pengereman bagian belakang semua memakai tromol. (bram project———bram.doank@yahoo.com)

STEP 1 (MEMPERBESAR MUTU API)

Korek harian part2 http://adf.ly/OJRDS

Pengapian sangat berperan penting pada mesin motor. Bagian-bagian dari pengapian motor C-Series adalah sepul,magnet,CDI,coil,busi.
Sekarang kita berbicara tentang sumber penghasil api yaitu sepul dan magnet. Kebanyakan orang kurang mengetahui fungsi dari kedua jenis benda ini, untuk itu mari kita bahas fungsi kedua benda ini. Fungsi keduanya adalah sebagai penghasil listrik yang biasa disebut api oleh para mekanik. Kedua benda ini menggunakan sistem induksi magnet untuk menghasilkan api. Cara memodifikasi sepul pun beragam, namun yang cocok untuk kohar adalah dengan menggulung-ulang sepul api. Gunakan kawat tembaga ukuran 0,1 mm, lalu gulung ulang sepul api, banyaknya gulungan sekitar 600-700 lilitan. Sebaiknya menggunakan magnet yang masih normal.
Berlanjut ke CDI yang merupakan otak dari pengapian. CDI sangat rumit untuk dimodifikasi, saran saya membeli CDI aftermarket yang sesuai kebutuhan. CDI-CDI yang dijual di pasaran sudah banyak jenisnya, seperti unlimiter,racing, bahkan programmer. CDI unlimiter merupakan CDI yang tidak membatasi RPM mesin, jadi semau-mau kita menggeber tunggangan. CDI racing merupakan CDI yang memajukan timing pengapian namun tetap dibatasi RPMnya agar mesin awet. CDI Programer merupakan CDI canggih, kita dapat menyeting sendiri derajat pengapiannya serta limit RPM harganya berkisar 800rb-1,2jt.
Coil merupakan pembesar api dari CDI menuju busi, coil juga merupakan lilitan. Banyak Coil aftermarket yang sudah beredar di pasaran. Ada juga pendapat bahwa coil mobil bagus, namun saya menyarankan menggunakan coil asli dari motor SE(special engine ). Memang agak mahal sekitar 600rb-800rb tapi aman untuk keawetan komponen lainnya. Namun masih ada coil aftermarket yang lebih murah dengan merk blue thunder dan yoshimura yang harganya bersahabat, yaitu sekitar 130rb-175rb.
Komponen terakhir pengapian adalah busi. Semua pasti telah mengenal benda ini, tapi tunggu dulu, apakah anda mengenal jelas benda ini??
Untuk performa yang maksimal sebaiknya menggunakan busi racing namun jangan sembarang racing, mari saya pandu dalam memilih busi racing. Jangan pernah menggunakan busi dengan kepala banyak, contohnya kepala dua, tiga, ataupun empat. Carilah busi yang memiliki ujung batang karbon runcing dengan alasan agar api terpusat dan tidak pecah atau menyebar. Contoh busi yang memiliki batang karbon runcing adalah Denso Iridium (95rb) dan NGK Platinum (25rb).
(bram project———bram.doank@yahoo.com)

STEP 2 (KNALPOT)

Korek harian part2 http://adf.ly/OJRDS

Pembuangan pada motor juga sangat berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan oleh kuda besi kita. Kenaikan yang tenaga yang dihasilkan dengan penggantian knalpot mencapai 0,5 DK atau lebih, tergantung knalpot yang kita gunakan. Untuk itu penggunaan knalpot semi racing ataupun racing sangat berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan. Mengapa saya bilang knalpot semi racing? Karena pada dasarnya knalpot racing yang beredar di pasaran merupakan knalpot yang dibuat dari spek motor standart. Kalau anda ingin mendapatkan knalpot yang benar-benar racing dan sesuai dengan karakter mesin anda, anda harus memesan khusus di tukang-tukang knalpot yang benar-benar sudah mendalami dan terbiasa membuat knalpot untuk race. Saya akan memberi contoh tempat pemesanan knalpot racing seperti 37 jogja, cream pie jogja, mcc solo.
Sekarang saya beri tips ringan dalam memiih knalpot. Untuk anda-anda yang suka touring sebaiknya memilih knalpot dengan ukuran silencer yang panjang dengan tujuan agar dapur pacu alias mesin tidak cepat panas. Dengan silencer panjang RPM mesin anda tidak terlalu dipacu dan anda akan mendapatkan top speed yang maksimal.
Untuk anda yang berada di jalanan yang rapat sebiaknya memakai knalpot dengan silencer yang pendek, dengan tujuan agar akselerasi motor anda menjadi cepat dan anda cepat dapat top speed dibandingkan dengan knalpot bersilencer panjang, namun top speed silencer panjang lebih daripada silencer pendek.
Finally semua keputusan ada di tangan anda mau memilih knalpot dengan silencer pendek atau panjang.
(bram project———bram.doank@yahoo.com)

STEP 3 ( SPUYER KARBULATOR)

Korek harian part2 http://adf.ly/OJRDS

Karbulator berperan penting dalam komponen mesin, karena karbu merupakan suatu alat yang menyediakan campuran udara dan bensin untuk mendapatkan suatu campuran yang siap untuk dibakar di dapur pacu.
Perbandingan ini pun sangat berarti, karena dapat menentukan tingkat keborosan bensin. Pada mesin 4 tak penggantian knalpot tidak perlu diikuti oleh penggantian spuyer (pilot jet), namun untuk memperoleh hasil yang maksimal penggantian spuyer pun disarankan. Coba anda pikir pengeluaran yang lebih besar tapi tidak diikuti oleh pemasukan yang besar juga? Bisa cepet sakit tu mesin…He3x
Oleh sebab itu sebaiknya anda mengganti dengan pilot jet berukuran 40 yang di jual di pasaran sekitar 20rb, ukuran itu lebih besar 2 angka dibandingkan spuyer standar Honda C-Series yaitu 38.
Penggantian spuyer ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dapur pacu. Pengaruh yang diberikan dengan penggantian spuyer ini motor akan power full, baik akselerasi maupun top speed.
(bram project———bram.doank@yahoo.com)

STEP 4 (KAMPAS KOPLING DAN PER KOPLING)

Korek harian part2 http://adf.ly/OJRDS

Bagian kopling sangat berpengaruh pada tarikan yang dihasilkan oleh tunggangan kita. Untuk itu agar akselerasi motor lebih baik kita tidak boleh mengabaikan bagian ini. Pada bagian kopling yang berperan dalam menaikkan akselerasi adalah per kopling. Per kopling disarankan yang memiliki kekerasan yang sangat keras, hal ini bertujuan agar motor mendapatkan sentakkan yang maksimal. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganjal per kopling dengan ring 10 sebanyak 2 buah/per, namun cara yang lebih mudah adalah dengan mengganti dengan tipe racing yang sudah beredar di pasaran.
Penggantian per kopling dengan tipe yang lebih keras memerlukan penyetaraan kampas kopling yang lebih keras dan tahan lama juga. Untuk itu di sarankan untuk mengganti kampas kopling dengan tipe racing juga, karena dapat mengurangi keausan dan selip kopling.
(bram project———bram.doank@yahoo.com)

STEP 5 (NOKEN AS)

Korek harian part2 http://adf.ly/OJRDS

Noken as adalah pengatur naik turunnya klep. Noken as punya karakter untuk membuka dan menutup klep in dan klep keluar. Kita perlu tahu karakter dari mesin kita dan apa yang kita inginkan. Bagian atas noken yang biasa disebut lift biasanya merupakan titik acuan dalam membangun suatu motor. Lift rendah (antara 7-8 mm) akan mendapatkan kelangsaman dan tarikan yang lumayan baik, akan sangat baik untuk di bawah 400 meter karena motor cepat mendapatkan puncak kecepatan. Namun lift tinggi (antara 8-9 mm) hanya untuk jarak kita menarik gas di atas 400 meter, karena nafas motor akan menjadi semakin panjang. Cara membuat lift menjadi lebih tinggi adalah dengan memapas bagian bawah dan samping noken as, apabila mau lebih extreme dapat menambah daging lift.
Dalam pemakaian noken yang memiliki lift tinggi harus disesuaikan juga dengan daya tahan per klep yang digunakan, lebih baik apabila memakai per klep motor Kawasaki Kaze, ataupun kalau memiliki dana yang cukup dapat membeli per klep racing bermerk Jepang Product.
(bram project———bram.doank@yahoo.com)

STEP 6 (TNGGUNG JAWAB)

Korek harian part2 http://adf.ly/OJRDS

Memiliki motor kenceng dibutuhkan tanggung jawab yang besar juga. Motor kenceng tekadang membuat pengendaranya dikendalikan oleh motor. Tanamkan dalam diri anda-anda semua kalau kita tak sendiri dan kita wajib menghormati pengendara lain serta orang lain. Finally meski motor kita kenceng pasti ada yang lebih kenceng lagi. Jaga keselamatan , ingan keluarga di rumah, dan perlu diingat SAFETY FIRST BRO!!!
(bram project———bram.doank@yahoo.com)
Diposkan oleh Bram Purba Dinata di 20:29

About these ads

164 responses »

  1. Agung mengatakan:

    bang Astrea 800 bs nggak di korek harian

    • black113 mengatakan:

      bisa aja bro,, tergantung dana juga. astrea 800, piston kase 0, cdi grand, pasang klep lebar 26,23

      • qen mengatakan:

        bng minta saran y
        motor saya supra 2004
        udah make piston 52,klep shogun,karburator 26,busi tdr, dah pake kopling,knlpot snd…
        tpi knapa y kok lrinya gak kncang jga kasih saran donk bang.,.,.,.,.,.,.,.,

  2. mtmt mengatakan:

    step 1 – 5 habis dana brp ya? :(

    • black113 mengatakan:

      kira2 2-2,5 jt bro dg rincian 350rb custom knalpot, cdi/coil antara 450rb-1,2/175rb (blue thunder), PJ/MJ karburator sekitar 80-90rb, kampas/per 150-200rb

  3. Kris mengatakan:

    Mas, mtor saya honda revo 100cc..
    Ubahan: piston kaze oz 0, busi ngk platinum, oli mpx 1, selebihnya karbu, spuyer, knalpot, kopleng, klep benar2 standar pabrik, masih original.
    Yg saya tanya:
    1. Mesti diganti ukuran brapa spuyer saya? Aslinya 42/72. Lagian susah nyari setelan angin karbunya..
    2. Mtor saya kalo dibwa balap pasti slip kopling, mesti diapakan?
    3. Apakah boleh dg keadaan mtor saya sekarang jk memakai knalpot dan klep std?
    Sebelumnya terima kasih banyak.

    • black113 mengatakan:

      1 kalo mau kenceng lagi coba rubah Karburator, Kalo standar pake knalpot racing, cukup standar aja tapi pilot jet naik step. Pengen kenceng lagi? Pilihannya Mikuni Sudco 24. Pilot jet 25 main jet 130.tapi ini juga relatif. Tergantung kebutuhan trek.Karena beda trek,beda setingan..
      2 mesti diganti kampasnya mungkin ud mw habis ato memang harus diganti
      3 sebaikknya klo sudah merubah sprti yg km sebut td pake knalpot racing bisa custom settingan knalpot sesuai apa aja rubahanmu di blok mesin ato karburator, tinggal bilang aj ke ahli custom knalpot mw dibuat sesuai spek motor kamu..

      • pandjie mengatakan:

        Mas , mesin mtor hnda revo saya masih standar pe kog cpet pnas mesin ny ya ?
        1 harus d ganti oli kah , pa yg cocok kira” ?
        2 kalo mesin standar bgus ny ganti spuyer yg kyak mana mas ?

  4. riyan mengatakan:

    sy mu tanya kl motor legendaku kok cepet panas mesin nya kenapa ya terus pilot jet nya harus di ganjal kabel baru bisa tp mesin cepet panas kl ngk di ganjel mesin mbrebet tolong kasih solusinya makasih ya..?

    • black113 mengatakan:

      coba bloknya dikasih sayap pnangkap angin pakai lmbran almu, kaya underbone jaman dulu wktu masih 2 tak bro, mesinnya ud di boreup? ato di naikin kompresi? klo di naikin kompresi memang cepat panas gitu, perlu diketahui bahwa, kenaikkan temperatur yang tinggi pada mesin dapat menyebabkan menurunnya performa mesin itu sendiri..dan cepat rusak karena daya tahannya menjadi berkurang..

  5. daeng mengatakan:

    kenapa mesin meledak saat d gas….

  6. daeng mengatakan:

    saya mau nanya sobat…klaw moror model new supra fit d papas noken as sikatar 1 mm.apakah piston harus merombak…???tlong jlasakan???

    • bram mengatakan:

      gak perlu,cuma perlu di waspadai wkt overlap/ketika kedua klep terbuka…
      kalo mau aman beli aftermarket noken,sktr 200-400rb…
      dah di itung durasi pula…

  7. faizal mengatakan:

    bozz mtrku impressa thn 2001 .
    yg aku tnya apa yg mempengaruhi motor spaya larinya t.o.p.b.g.t tolong sesinkat-sinkstnya?????

  8. kaya nya brt yang biasa aja cukup tuwh tuk sehai”

  9. b'boyz mengatakan:

    knp msin honda grand w cpt pnas y? pdhl msin msh standard??? ap y slusinya?

  10. bram mengatakan:

    ah gak asik nih,artikel w di ambil byk org…
    tp gpp deh berbagi ilmu+pengalaman

  11. bram mengatakan:

    pny c-series???
    dah garap pa ja???

  12. anes mengatakan:

    sya jg pny mtr honda grand 95..
    knp msn sring bgt selip??
    pdhl per ktc, seher karisma 0, pilot jet 40..
    cz pnjg setang seher grand brp ya??

    klo ditung”??
    3.14 x pnjg setang x piston / 4 =
    3.14 x 52.0mm x 52.4mm / 4 = 112.08

    bner ga??
    perkra’n sya pnjg stang 52.0 mm

  13. riefa mengatakan:

    kohar shogun sp 125 2006,,
    gmna gan?

  14. maniacal laughter mengatakan:

    numpang tanya nih sob yg ngarti kasih tau ya
    gw punya supra fit 07 daleman nya kaze klep sonic dll, klo pake seher thunder masuk kgk ya?
    terus klo ganti boringan pake boringan ap yg tebel?

  15. ruddy mengatakan:

    1.knpa motor sya klw gigi 3nya ndutndutan jj. knpa tuwh.
    2.klw block kopling honda brapa duit ya kira”.

  16. andy neo mengatakan:

    bozz. w punya supra 100cc neh. biar speednya ok bnget,,diapain nie bgusnya? but tanpa menambahkan kopling..

    bru 1st pnya mtor he :-D

  17. wawan mengatakan:

    bbos mtr ku grand 95 enkel,,,,,jeroanya karisma semua karbu flat t kok msh lelet ya tlg bri solusi na jak,,,,tengzzzzz

  18. Alay mahbub mengatakan:

    Bro singkat aza mesin ane c70 4 speed pakey apa mesin apa biar kenceng.tanpa merubah tutup mesin kri kanan

  19. agusz mengatakan:

    mas, sy punya supra x 100 cc. pingin korek harian yg kenceng dan aman utk dipk sehari2. sy sdh ganti sekker yptr oversize std (mau di ksh yg lbh gedhe khawatir trouble, kalo pake kaze std apa msh aman?). per kopling racing nagata, kampas kpl racing daytona, noken as bubutan, busi msh standar c7 ngk, cdi varro unlimitter. knalpot sy pake punya yptr z std(karena sy td suka berisik. logika sy yptr z kan 110 cc, dng perubahan yg sy buat, mgkn pemakaian knalpot stdr supra sdh kurang mumpuni.) kira2 rubahan apalagi yg hrs sy lakukan biar bs lbh maknyuss. krn top speed skrg di jln rata 110km / jam. pinginnya bs tembus 120km/jam dng mudah, tanpa harus berisik. tlg di reply ke email sy ya. thx. o ya, part yg td sy sebut berarti msh standar pabrik. pengapian dirubah ke dc direkomendasikan ga? pk cdi shogun. satu lg, karburasi sy pk kaze, dng lubang intake dihaluskan.

  20. ayi mengatakan:

    boz mtor w kn astrea grand..
    klo cdi pke blue thunder n karbu standar ko g enteng yah..
    tolong jelaskan boz

  21. gandi mengatakan:

    sy mau nanya neh…
    sy punya motor grand…
    apa yg qt ubah supaya kencang?????

  22. gandi mengatakan:

    sy mau nanx brapa ukuran untuk bubut nokeen as honda astrea grand????
    yg msuk n yg kluar???

  23. ebie manden mengatakan:

    bro bokap gw kan beli supra fit tpi mesin’a dh di oplos ma grand std. pkonya ancur bgt dah
    trus gw rubah ajj pake piston kharisma std+karburator kharisma juga.untuk knalpot gw pake revo yang kerenan dikit. kok motor gw ga ngacir jg yah.
    sal bis di bersihin head’a alias ruang bakar’a mendingan dah dikit,tu juga mendingan’a cuma bertahan seminggu

    tlong jawab yah bro…….. ni menyangkut hidup gw
    ha……………………………182x

  24. ebie manden mengatakan:

    bro bokap gw kan beli supra fit tpi mesin’a dh di oplos ma grand std. pkonya ancur bgt dah
    trus gw rubah ajj pake piston kharisma std+karburator kharisma juga.untuk knalpot gw pake revo yang kerenan dikit. kok motor gw ga ngacir jg yah.
    sal bis di bersihin head’a alias ruang bakar’a mendingan dah dikit,tu juga mendingan’a cuma bertahan seminggu

    tlong jawab yah bro…….. ni menyangkut hidup gw
    ha……………………………182x

    kbarin gw ja di numb:08988818289

    • aji mengatakan:

      wah klo udh ganti seher apa lg karisma
      gak cm karbu, biar ngacir musti lo garap noken, magnet, CDI, koli, sama setingan karbu

      klo mau standaran trus murah
      1. stroke
      2. ban di kecilin
      3. knalpot bedel
      4. tambah kampas kopling
      5. seting karbu basah6
      6. gear 14-32
      7. noken
      8. CDI, Koil, busi
      awalnya supra gua top speed 90 ( itu jg ngeden) sekarang 115km/jam
      klo trek pendek bisa saingan sm supra 125 padahal punya gua msh 100cc

  25. ferdi mengatakan:

    saya pnya supra fit x 08..
    kalo korek harian yg paling murah abiz brapa…
    saya tinggal di daerah jakarta..
    thanks sebelumnya..

  26. dody mengatakan:

    bos grand bagus’a pake piston pa ya??

  27. arby mengatakan:

    boz w pnya mtor astrea grand 97
    seher dah 50 , karbu supra , head dah dipapras ( semi ), dah w psng kopling tangan ?
    tolong kasih tau w biar motor w lebih ngacir
    thangs

  28. deni kartiwa mengatakan:

    lam knal gan. lngsung aja bai yang tahu tlng jawab ya. supra 100 ane rencna mau ganti seher pake jupi z. yang diameter 51mm, supra std 50mm. jadi mash aman tuk harian, yang ane pengen tahu panjangnya sama persis ga? kalo ga sm, brapa mm harus di papas nya? thank gan.

  29. moel mengatakan:

    saya punya honda grand lagi nongkrong d bengkel.
    kemarin belah mesin waktu di cek roda gigi transmisnya banyak yang pecah…
    kalau beli satu set berapa harganya, saya tinggal di jogja

    thanks sebelumnya…

  30. ridho agung mengatakan:

    bos motor gua biar kenceng butuh dana brapa ea

  31. jhon play mengatakan:

    saya pengen honda saya melaju dengan cepat di jalanan ???????????
    kasi tau donk bg ?????????????????

  32. Amir mengatakan:

    nanya mas :)
    tutup cylinder head punya revo 100cc bisa ganti sama punya vario yang water jacket nggak ya?
    sori, kalo nanyanya basi… :)

  33. Mamad mengatakan:

    Klo buat shogun 125 gmn setingannya boz biar dpt top speed 140~150

  34. Mamad mengatakan:

    Seting timing pengapian shogun gmn mas

  35. asep sofyan mengatakan:

    mw tny ne..
    Motr sy karisma,klw sering d geber pke knalpot blong msin ny cpt brasap…
    Kra2 ap solusi ny spy msin ny agk bndel bla d geber.thank’s..

  36. ADITYA PANGESTU mengatakan:

    HAI KWAN2 TLONG KSI TAU WA DONG KNPA YA MTOR LAGENDA GWA TARIKANNYA KO BERAT ,SUPAYA ENTENG GMNA CYI..?

  37. perry saputra mengatakan:

    alamat mekanik korekan mesin yg bgus dmn bos?
    soal’x saya ada kalimantan

  38. Indra mengatakan:

    Bos..
    Mau nanya neh..
    Motor ane honda revo 100cc
    Pake knalpot ahrs yg pendek
    Trs buka filter udara ama boxnya jg
    Tpi knp pas di gaspoll kyk mesin keabisan bensin gtu?
    Kyk ngempos gtu gasnya
    Tpi mesin g mati
    Ane udh stel angin masih aja bgtu

    Apa yg harus di ganti ya bro?

  39. alul mengatakan:

    mas bro grand ane pake karbu mikuni 24 pnya’e RX King, klo gas dtarik lgsg kok mbrebet ya?? apa gra2 pake gas spontan? trus klo pngen seting irit musti pke spuyer ukuan brapa??

  40. tomy mengatakan:

    gi mana carany nggarap mtor mega pro byr tmbah kenceng ? tp msh bza buat harian ?
    thanks

  41. agung k mengatakan:

    saaya punya motor honda revo tahun 2008 100 cc kenapa sekarang mesinnya bunyinya pada bagian depan pada putaran tinggi bunyi ngelitik tp klau putaran rendah tidak<kenapa ya?

  42. okie oktavianto mengatakan:

    top… bisa buat nambah ilmu

  43. Ahmad mengatakan:

    Tak tunggu posting berikutnya boz

  44. Sutri Yanti mengatakan:

    mau nanya….
    bagaimana cara memperbaiki ringe motor astrea 700…
    serta harganya berapa…
    tolong dibalas ya….

  45. Ikhsan Martha mengatakan:

    bos klau motor2 yang standar make knalpot yng lurus gitu…
    ada gejalanya gk ke mesin…..

  46. SieLo Rasya mengatakan:

    astrea grand saya dikorek dgn piston jupiter z, sedangkan pengapian hanya memekai cdi standat dan koil dari megapro,, utuk maghnet saya tipiskan sebesar 1mili kanan kiri,,, noken as pun saya tipiskan dgn memberi kompres yang tinggi,,, utuk klip menggunakan standat,, apa kah masih bisa dikatakan semi??

  47. Recky mengatakan:

    Sya pnya tunggangan harian astrea grand thun 94..
    Dsni sya mmkai
    seher kaze 0
    noken as sudah di papras(dibubut)
    pkai karbu shogun
    Cdi standar shogun kebo.
    Ttapi ko lari nya
    jadi berat ya..?

  48. almustaqem mengatakan:

    bang astrea supra x q
    dah make karburator 26,piston nya lebar 52,klep nya shogun busi tdr,kok lari nya ngak kenceng bang
    kasih saran donk bang

  49. tommi mengatakan:

    mas mtor sya revo100cc
    karbu sdah saya gnti dengan karbu win..
    kemudian knalpot racing.
    lalu bak kopleng snd…
    tpi motor saya blum mau kencang..

    apa yang hrus say gnti mas..
    tlong ya mas..

  50. Sandiaz Coll mengatakan:

    ASS. babg kita mu nanya ni.. mtr kita kn grand,, seher jupiter 50,knalpot edi full,sma noken as paprasan pengapian standar.. klo mau lbih enak lgi kira2 ada yang di tambah atau di ubah2 lagi ga??

  51. Adhi x jaya motor mengatakan:

    Gmana kalo grean larinya cepat pdahal dah aku ganti racing team cemua tp larinya kaya odong odong

  52. bajukoreamurah mengatakan:

    ada lagi nihh gann….cukup ubah perkopling pake smash trus ganti kampas kopling…dengan yang racing gan,, eh jangan lupa juga pilot jet di karburator di naikan, lubang pembuangan di tuner ……lumayan larinya gan…..

  53. riko mengatakan:

    bro kalau bikin knalpot yg bagus dimana ya ?
    yg sesuai dgn speeck motor semi harian..

  54. Kencot mengatakan:

    Mantep infonya

  55. vijay frestely amq mengatakan:

    bang supra 125 diganti seher karisma masuk gx

  56. Aleng racing mengatakan:

    Taik kucing dimakan anjeng.macem betul aja kata kau.maen kt.kt buktikan sapa yg kenceng

  57. centhang mengatakan:

    grandku stroke naik 3mm ,piston kaze 100 noken sudah cam ,valve sogun,,,karbu sogun,pengapian standart..,tp masih belum sipp..
    bos menurut kamu kurang apanya,,???

  58. suha mengatakan:

    mantab bro

  59. ferdi mengatakan:

    mas gy mana cra menaikan durasi noken as

  60. Yhaline Lare BOement' mengatakan:

    mas montor saya supra fitt … biar kencang tapi seder hana modif nya g5ana mass…????

  61. Iphet mengatakan:

    Nyo lw mekanik mana.
    Kliatan nya bengkel lw bgus.
    Gw mau nanya.Ada yg ngejual karbulator oval 26,tp bawa’n ninja ya,atau kaga rx king,thanks

  62. budi mengatakan:

    Saya punya Honda Fit-X 2008 Standart (97cc) minum premium. Kalo saya sarankan gunakan CDI BRT Hyperband (CDI AC) harganya 330 rb yang lainnya standart habis. Saya pakai trek lurus datar Samarinda-Tenggarong masuk 110 Km/jam dan mentok di 115 km/jam. dan sampai sekarang utk masuk gigi 3 bisa tembus 95 km/jam kalo dipaksa dan langsung oper gigi 4 langsung masuk ke 100 km/jam dan Top Speed 110-115 km/jam (gear depan belakang 14-36), Dengan catatan saya rajin mengganti oli mesin setiap 1000 km SAE 20w/50 oli pertamina punya bro……
    Kesimpulan :
    1. Gunakan CDI BRT Hyperband (CDI AC) atau aftermarket yang ternama (harga ngak bisa bohong9
    2. Jangan lebih/telat dari 1200 km setiap pergantian oli mesin.
    3. Usahakan selalu standar kaki 2 dan panasin mesin minimal 1 menit sebelum berangkat/awal pemakaian (gas jangan digeber habis saat memanasin mesin, kalo pun digeber maksimal setengah gas dari pollll bro).

  63. fgsd mengatakan:

    yang ngerasa motornya kurang kenceng jangan cuma nyalahin motornya ,, jokinya ngaca dulu …. hahaha

  64. Aldy speed mengatakan:

    gan gua punya grand blok mocyn piston gl mex tapi kok masih gak bisa lari yha

    minta solusinya donk gan..

  65. galih mengatakan:

    mas, kalo c70 gak usah kenceng2..tapi biar enak aja larinya apa yg mesti diubah? mesin standart 3 gigi. trims

  66. andik mengatakan:

    mau tanya ni bang bro ..mtr gue kan supra x 100cc ,,gmna tu cara garapnya apa aja yg perlu diubah,

    • odong odong mengatakan:

      Cdi rx king
      koil kitaco
      busi ngk platinum
      karbu gl-pro
      gear belakang 15-40
      kopling manual

      itu aja
      btw motor q astrea grand

  67. Wekywek mengatakan:

    Bro mau tnya nich
    Mt0r gua grand 96
    Seher jupiter 0z 100
    Karbu jupiter,
    Supaya bisa ngacir nokennya d papras berapa mm ya…? Blok silinder udh d papras 1mm
    Thanks yach

  68. atmojoyoe prakoso mengatakan:

    klo buat shari” cukup pke seher kaze z boZZ..
    trus u ganti tuh CDI..
    prubahan sgtu jg udh lumayan bgt klo cuma bwt nglaan jupiter..
    hihihihi

  69. nomi mengatakan:

    mas montor supra x tuh dah tak gnti per smash dan kmapas koplingny msih standr tpi kok masih molor tarikannya truz nk d pake tuk jlan naik tuk bunyi klek” gtu……..montor saya hrus d apakan mas tolong

  70. ardian mengatakan:

    btol gc itu bro””:)

  71. habibrockabilly mengatakan:

    bang motorku fit new , minta saran nya kira2 apa ya yang kurang , speknya kaya gini
    -seher tdr 55.25
    -klep shogun
    -noken as kawahara 260 drjt
    -naek stroke 5mm (pake kruk as blade)
    -karbu pwl 26 (ninja r)
    -magnit std di papas 2 mm
    -spul ori tapi cuma pake spul jalan nya doang
    -cdi brt hyperband powermax
    -stang seher grand
    -koil tdr
    -busi tdr balistic
    -knalpot snd freeflow
    -blok kupling snd
    -per kupling aftermarket (lupa lagi merk nya)
    -plat kupling ori
    -gear depan 15 , blakang 30

    yg kurang apa ya ? mhon sarannya .

  72. EZA mengatakan:

    kalo honda untuk harian biar standart pabrik aja.
    tp kalo untuk gaya2 an boleh lah aneh2.
    ane minta saran dunk brow….
    motor ane supra x 100 cc 2001 mesin standart banget.
    kalo buat perjalanan touring atow mudik lebaran entar biar nyaman harus diapakan yaw???

  73. givar mengatakan:

    aku juga mau minta tambahan nih, motorku honda revo
    speknya :
    Piston TDR 55.5
    klep shogun 125
    Per klep Jepang
    Noken As kawahara K1 di papas (lupa berapa mm)
    naik stroke pake kruk as supra x 125
    Karbu koso 28
    magnet std papas 1,5mm
    cdi BRT Powermax hyperband
    koil yamaha YZ
    busi TDR Iridium
    knalpot cream pie
    per kopling TDR
    gear 12-36
    mohon masukannya lagi dan kalo ane ikut roadrace itu masuk MP berapa yah ?

  74. farkhan mmb manual motor banter mengatakan:

    bozz aku punya astrea grand th 95 noken&head udh saya kepras tpi larinya kurang kncang………..kalau klepnya aku ganti sonic,piston kaze 54,trus pke ratio standar gmna y bozz larinya………..

    please kasih solusi donk……….

  75. Hazim mengatakan:

    Aduh Motor Gw Rusak

  76. memed mengatakan:

    motor revo 100 cc klo d bwt drag d korek apanya gan???
    tolongd jwb

  77. Wong ndeso mengatakan:

    Slm knl mas bro…..” ms bro ‘ mnta tlng donks…., sy msh blm phm rincian & alt yg hrs di gnti tuk rubah mtr, byr tmbh tnga & kenceng larix……??
    MtrQ revo 100 cc, sy ingin rbh, alt2 ap2 yg hrs di gnti, & lngkh pngrjaanx gmn……?? Mnta tlng pnjlsnx ms bro……” mksh byk sblmx…….

  78. Taufik Brat Bret Brot mengatakan:

    motor grand sya lo sya gnti stang seher 75mm trus pke seher ap ? kan lo pke seher stndr, posisi seher mendem ke bwah .gan … trus pke klep.a yg ap ea gan ? crta.a sya mw stroke mendem ni gan .. di tunggu jwbn.a … thanks

  79. Tukimen mengatakan:

    Bang gue impressa
    piston punya supra 125.

    Biar kenceng larinya di oplos apalagi..?

  80. khuby mengatakan:

    kopling biar yahut harus gunakan kampas kopling pa??/
    n per kopling pa bwat motor grand Q???

  81. ilham mengatakan:

    saya mau tanya,motor saya honda revo yang cc cuman 97,…hehehehe
    tapi saya sudah pangkas semua yang orisinilnya….dari mulai
    karburator dirubah jadi PE24,CDI BRT POWER MAX,BUSI TDR,NOKEN AS PAKE CLD,PER KOPLING CLD,PLAT KOPLING BRT,PISTON PAKE KAZE OVER SIZE 75+GANTI GELAS NYA….
    Yang saya tanyakan
    1.Kira2 untuk sekarang berapa cc kuda besi saya,…..terima kasih….
    2.kira kira klo mau naik struk apa saja kebutuhan nya….
    terima kasih sebelumnya mas bro…..
    Saya “ILHAM REVO MERAH” dari bandung,…….

  82. dheny mengatakan:

    om , honda grand ku tahun 1995 , pngen mantap di top speed … ap aj yang perlu di ganti…???

  83. jumamodom123 mengatakan:

    om,,
    honda GRAn milIk saYA
    pengen power yang bagus
    di ganti apa aja
    dan kira2 bermodal mahal gak ya ??
    trimakasih

  84. ahmad ridwan(bontell) mengatakan:

    numpang nanya bang ,,
    w punye motor astrea vie masih standar ..
    w pengen tw klo pengen kenceng motor w gmne cara nye vie keliatan nye standar bang ..
    bsa di kasih tw gag bang cara nye gi mne biar lari nye kenceng ..

  85. bang kan saran abang udah saya ikutin semuah tapi noken as nya kurang nihh

    kira_2 kalo bikin di abang kena berapa

  86. ahmad ibrahihim mengatakan:

    napa ya mtr supra fit 100cc nie klo pas dikebutin , pas lgi dilepas gas nya itu lgsg meldak2 kya ada petasan aja -_- ksih tw ya gan??

  87. 12345hanif mengatakan:

    mz bro kie mtr qu karisma 125 d thn 2002 truz udh q garappin piston tiger stang seher grand kmpas kopling racing n karbu PE knalpot TDR dn busi TDR cdi standart itu sdh kenceng banget smpai bsa ngalahin scorpio z mtr gua itu bsa jln smpai 135 km dlm wktu 1 ment 34 dtk di jln lurus 1 km tmpilan standar kurang apa yA mz bro………

  88. hendra mengatakan:

    klok cma ganti noken,seher,sama kampas kopling gmn mas???
    mohon bantuan nya….

  89. Landaxz mengatakan:

    tek jajal lagh bro,,,by cagh kebumen

  90. khuby qhubeley mengatakan:

    lw askruk kasih pya karisma
    kira” naik jdi brapa cc???

  91. rizal mengatakan:

    bang numpang nanya motor supra gua udah masuk kaze 200 perklep kawahara busi TDR karbu PE28 knalpot ELMER tapi gua belum puas sama larinya
    di apaon lagi ya biar enak

  92. abah mengatakan:

    mau minta saran ni motor sonic 125
    mesin
    head boring cbr
    struke up 8mm
    sher oversize 200
    klep ..
    KARBU PJ 32
    KOIL PAKE YZ 125 SE
    CDI REXTOR monster
    knalpot cld
    yg kurang apa ya bos

  93. Rizal Firmansyah mengatakan:

    alamat bengkel dmana bos?

  94. mr.obenk mengatakan:

    bang saya punya supra x125,tapi seher udah pake sonic,spuyer udah digedein,busi tdr,gear pake punya supra fit,nah yang saya tanya kenapa kalo masukin gigi suka ngelos(ga masuk)itu kenapa ya bro?

  95. numpang tanya nihhh,honda grand dpkekn seher pa biar bisa spontann lari.y????nn
    dpkein seher kaze oversize 100 bisa gak breyyyyy?????

  96. prasetiyo mengatakan:

    bang motor saya supra fit 2004 mau garap buat harian yang sip pakek sperpad apa aja ,, and biayanya gk tinggi2 .. tapi ya lumayan kenceng ,, pakek clep apa ,seher apa, kamppas kopling apa ,per kampas apa, karbu apa,
    sebelumnya terima kasih

  97. trie tjahjo mengatakan:

    dear bram

    motor ku grand thn 97.modifikasi yg udah aku lakukan adalah sbb:
    – coupling manual
    – per coupling Racing TDR
    – klep shogun
    – piston kawazaki kaze
    – cakram depan belakang.
    – velg racing almini rossi dpn 17.185 blkg 17.215 di balut ban racing fdr dpn 70/80 blkg 80/80

    pertanyaan saya adalah :
    – apa kekurangan nya?
    – noken as yg cocok ?
    – saya ingin memasang karbu pe kotak yang ukuran brp?

  98. Wahda Ct mengatakan:

    mtr sya uda pke jpitr 50 tp ttp berat aja larinya,apa kurang pemangkasan noken ya??

  99. [...] blackiron113.wordpress.com [...]

  100. den ira mengatakan:

    Mau tanya nih., magnet+spul motor apa yg bisa dipasang di honda win,biar bisa 12volt? Kalo bisa spul yg model melingkar,dan magnet yg pnp ke askruk win..

  101. igin mengatakan:

    bang susah nich cri mesin grand atau supra buat c70 da lau ngeromak mesin c70 bakalan ngehabisin banyak biaya tuh jdi tolong bantuan nya kalaw mau ngejawab sms sin aja ke nmr 087724522771 yach bang

  102. rofick mengatakan:

    supra fit gua ga da penapian.a knp e bos…..?????????????

  103. kebot mengatakan:

    saya lagi mau korek motor .. baru pake piston kaze oz 50 klep shogun beserta per klep nya, noken as bubut 1ml, cdi brt ..
    kalo biar tembus spekan 130 perlu ganti apa lagi ya gan .. tolong masukan nya
    TGS racing

  104. pradudut mengatakan:

    maas2 dan agan2 kalo mau beli sperpart racing bisa cp 08985706980 ke saya aja ya mas itung2 promo dikit hihi

  105. firdaus mengatakan:

    klok shogun 125 r…
    tpy mrubah noken,porting,kompresi….
    brpa ukuran bubut nokenxa byar kencang N kompresixa….
    klok pkek karbu standart pkek spuyer apa…

  106. Arviyan Ramadhan mengatakan:

    mas, motor saya supra fit new thun 2007, saya mau buat utk harian, apa aja yg harus sy gnti mas?
    yg udah gua ganti per kopling TDR, ampas kopling TDR,CDI BRT power max,.
    tolonk di komen ya mas,.!
    klo bisa mutusin mx lh mas,.!

  107. Muhammad Ilham mengatakan:

    mas motor saya legenda grand 100cc,pingin jadi 135cc..
    saya baru pake kopling sama ganti karbu p.e 24..
    kira” saya harus ganti apanya lagi ya?
    saya kurang ngerti motor mas..
    tolong di bantu

  108. harry setiawan mengatakan:

    bro saya punya hoda supra biar kencang pake kabulator apa

  109. bro saya mau tanya saya punya kereta supra
    supra saya uda semi
    tpi knpa lawan fu kok gak bsa
    klo lwan mx kok gampamg
    piston saya kz
    dexsel uda kenak papras
    magnet uda di bubut
    kelep standart
    cdi standart
    kabulator standart
    pengapian uda di naik kan
    mas kasi tau solusi nya donk
    biar kala fu tu
    kurang apa nya lagi mas

  110. IPOK ENKOL mengatakan:

    hand made muffler store… more style all type …. call..085274226898

  111. Adjie mengatakan:

    agan ,,saya punya CG udah pernah ganti seeker coz bengkok…terus dibuatkan seeker dibubut tapi kok jadi larinya gak kenceng,,biar jadi keceng diapakan ya..tolong sarannya mas…

    thanks

  112. edy mengatakan:

    bang.. mtor sya honda grand standar.. tp sya ganti karbu pke mikuni 24 kotak.. knp cepet bngt ganti busi bang? n pj..mj yg cocok ukuran brpa? makasi…

  113. paksy mengatakan:

    bro saya mau menambah cc nya revo absolut. gmna caranya supaya body tetep standart tp mesin nya garapan dan kagak pakek knalpot brong

  114. paksy mengatakan:

    biar mesin nya kagak ngeden.. gmna caranya

  115. Daffa mengatakan:

    alamat di mana gan?? trims

  116. okta mengatakan:

    mas, gimana cara membuat suara knalpot criem pie untuk kharisma bisa keras suara nya…

  117. ahmad soekamti mengatakan:

    mas mtr saya revo 100cc,udah d modif:
    1.piston kaze os0
    2.noken dan magnet snd dah d papas
    3.karbu pe28
    4.knalpot DRC
    selebihnya standar smua,tlg saranya pake apa aja (piston,klep,cdi,koil,peer klep,kampas dan peer kopling,dll),kira2 dananya berapa?,trimakasih banyak sebelumnya,tlg secepatnya dibalas

  118. fany mengatakan:

    motorq cari msuh revo absolutecc 125

  119. atong mengatakan:

    bang mau cari noken as kawahara yng udah dibubut dimana ya bang..>motor q gren udah aq setruk setang sekernya tpi kog masih lelet ya…nokennya harga brapa bang

  120. sukri mengatakan:

    gan motor ane supra fit thn 2006 yg mau ane tanyain klo sepeda ane dikasih karbu SP cocok g buat harian???

  121. hasbie mengatakan:

    bang mtor saya revo 100 cc tpie piston udah supra x 125 oz 50 knalpot pke slenser pendek,klo pngen lebih knceng lgi gmnha lgi caranya

  122. nur. mengatakan:

    mas mau tanya ni . aku punya motor supra 100 cc.mau tak pendekkin stang pistonnya, stang piston yang cocok buat penggantinya apaya … yang lebih pendek dari punya e supra standart ( panjang = 94 mm, ukuran pen atas = 13, pen bawah 25) yang ukuran pen atas dan bawah e sama , tapi panjang nge lebih pen dek minim 91mm ……
    tolong usulannya ya mas…
    matur nuwon.

  123. oky mengatakan:

    gan motor ane honda grand kn yaa, seher udh oper size, kalo kita pengen padetin kompresi noken as hrus d papras brp yah ukuran’a???untuk jarak 500m?
    trus knpa ko rpm sya tinggi tapi lari enggk ada, itu knpa gan?

  124. oky mengatakan:

    mohon di bantu gan kasih pencerahanya

  125. aldi mengatakan:

    mas bro saya mau tanya nih gmna caranya memodifikasi astrea legenda 110 cc tahun ?

  126. Billy mengatakan:

    bro,motor saya astrea legenda th 2002..kopling,spull,keteng sudah full baru(original) , ring+seher baru ( up 100 )….tapi kenapa suara mesin masih berisik aja ya (kadang2 berisik,kadang2 hilang berisik nya) dan mempengaruhi tenaga juga…ada yg bilang klaher stank atw klaher tonjokan kopling sudah oblak,ada yg bilang nokon as nya sudah aus…apa yg musti saya ganti bro ?

  127. budi mengatakan:

    kalau cuma ganti kem sama karbu gimana min ,thanks pencerahan nya!

  128. toriq mengatakan:

    Gann numpang tanya nihh motor gw absolute revo mau naik 54 pake seher cld buat beat bisa ga?? Terus ubahannya apa aja?

  129. yudha surabaya mengatakan:

    mas saya mau tanya.. motor saya supra x. piston karisma oz50, noken as jupiter, cdi sogun kebo, busi resing, karbulator shogun sp,, knpa larix kok belum sempurna ya ?? dan ap yg harus saya ganti lagi biar sempurna larinya?? Trimz..

  130. adirangga mengatakan:

    Boz saya mau tanya ukuran bubut noken as motor blade tahun 2010 brpa ya?buat bubutan harian aja boz
    api\ minyak nya?
    Jawab ya bozz.
    Thanks

  131. Zaenal Rega Saputra mengatakan:

    bos ane mau ganti stang seher blade tapi mau ganti pakek punyanya supra x125 bisa atau tidak dn perlu merubah banyak gx

  132. Erwin mengatakan:

    mtor gua supra fit 2004, kLo ganti seher coconya yg merk sonic gak min? truz knp kLo stiap motor mati karbonya keluar bensin truz?

  133. hosea mengatakan:

    broo,, mnta saran donk,,
    motor gw supra x 110,,gmana spaya larinya kencang yac//??

  134. Rony Xugel mengatakan:

    sya punya motor grand, gmw kenceng sdah abis bnyak gmna ni gan

  135. supratman mengatakan:

    mas , kreta saya supra x thun 2005 . ud pakek piston standat kaze , api naik , magnet bubut 2 mm , spul magnet gulungan 600 gulungan , karburator standart lemeran , asklep papasan gestrek , tpi cdi sntandart . knapa ea mas gk than untuk 4 lap maen kros ??

  136. faisal kohar mengatakan:

    maaf bang motor saya honda revo 2006 ,
    sudah naik seher 52 , busi tdr , perkopling tdr , saya pengin pasang karbu ninja pe 28 kira” masuk ga ya bang ? mkasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s